Minggu, 19 Juni 2011

Fiqh Ziarah ( 48 )


FATWA SYAIKH MUHAMMAD IBNU `ABDIL WAHHAB
TENTANG KAMAR NABI SAW

Sebagian kalangan yang terfitnah dan berperangai buruk menisbatkan sebuah ucapan kepada Syaikh Muhammad ibnu `Abdil wahhab untuk mengeluarkan kamar Nabi Saw dari masjid Nabawi. Syaikh menolak penisbatan ini dan tidak mau bertanggung jawab atas ucapan dan orang yang mengatakannya sebagaimana yang tertulis dalam risalah yang dia sampaikan kepada kalangan akademik dimana dia berkata,
"Jika hal ini telah terang maka masalah-masalah yang mendapat kecaman dari Sulaiman ibnu Suhaim diantaranya ada yang merupakan kebohongan yang jelas yaitu ucapannya,
-          Sesungguhnya saya menganggap sesat semua kitab madzhab empat;
-          bahwa manusia semenjak 600 tahun yang silam tidak menganut agama yang benar;
-          saya mengklaim mampu berijtihad dan lepas dari taqlid;
-          perbedaan para ulama adalah bencana;
-          saya mengkafirkan orang yang melakukan tawassul dengan orang-orang shalih;
-          saya mengkafirkan Imam Al-Bushoiri karena ucapannya : Wahai makhluk paling mulia;
-          seandainya saya mampu meruntuhkan kubah Rasulullah Saw maka saya akan melakukannya
-          dan jika mampu mengambil talang Ka`bah yang terbuat dari emas maka saya akan menggantinya dengan talang kayu;
-           saya mengharamkan ziarah ke makam Nabi Saw,
-          Saya mengingkari ziarah ke makam kedua orang tua
-          Saya mengingkari ziaroh ke makam orang lain;
-          dan saya mengkafirkan orang yang bersumpah engan selain Allah.
Jawaban saya atas dua belas persoalan ini adalah dengan firman Allah :
سُبْحَانَكَ هَذَا بُهْتَانٌ عَظِيْمٌ
"Maha suci engkau, ini ( apa yang ditiduhkan Sulaiman ) adalah kebohongan yang besar"
                                (Q.S.An Nur : 16)

Dikutip dari Al Rasaail Al Syaikhsyiyyah bagian kelima hlm. 63 dan Al Durar Al Saniyyah vol. I hlm. 52.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peringatan Haul KH. Abdul Fattah Hasyim Ke 36 & Ny. Hj. Musyarrofah Bisri Ke 4, Pertemuan Alumni Besuk Pada Hari Kamis, 21 Maret 2013