Senin, 20 Juni 2011

Muslim Marhamah ( 01 )


Muslim Marhamah
Citra Diri Muslim Ahlussnnah Wal Jama’ah
Penulis
Alfiyah Ashmad, M. Dimyati, Syamsul Rijal, Yusuf Suharto

Editor
KH. Abdul Kholik Hasan

Penerbit
LTN-NU Jombang


Edisi Perdana
30 Rabi’ul Awwal 1432 H / 5 Maret 2011 M

Kata Sambutan
       Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpah kehadirat Nabi Muhammad Shalallah ‘alaih wasallam. Segala puji bagi Allah Ta’ala yang dengan rahmat-Nya akhirnya PCNU Jombang dapat menerbitkan buku Muslim Marhamah; Citra Diri Muslim Ahlussunnah Wal Jama’ah.
Kepada segenap pihak yang terlibat, PCNU Jombang menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam pada tokoh masyarakat yang kebetulan menjadi wakil ketua DPRD Jawa Timur, KH. Abdul Halim Iskandar, M.pd., dan para narasumber Halaqoh, yaitu Prof. Dr. Kacung Marijan, H. Imam Azis (Pengurus PBNU), KH. Hasyim Abbas (Syuriah PWNU), KH. Hasan Mutawakkil Alallah (Ketua Tanfidziah PWNU Jawa Timur) dan pada segenap tim FGD ((Focus Group Discussion), terahir pada tim kecil yang kami amanati menulis dalam sebuah buku yaitu M. Dimyati, Syamsul Rijal, Alfiyah Asmad dan Yusuf Suharto yang didampingi KH. Abdul Kholiq Hasan sebagai editor dan penyelaras ahir.
       Buku ini penting untuk dibaca warga Nahdlatul Ulama Jombang, bahkan mungkin warga NU diluar Jombang, umat Islam, dan warga Negara Indonesia yang ingin mengetahui sikap NU terhadap pemaknaan jihad, radikalisme, dan Hak Asasi Manusia (HAM).
       Buku ini diharapkan dapat dibaca sebagai pedoman dalam berbangsa dan beragama secara baik. Karenadidalamnya berisi pandangan Nahdlatul Ulama tentang tema – tema kontemporer yang kerap kali disalahpahami.
       Umat Islam Indonesia yang dikenal ramah, moderat harus terus menguatkan cara berfikir dan bertindak ramah tadi, yang dalam buku ini disebut sebagai tabiat muslim marhamah sebagai ihtiar dan ejawantah Nahdlatul Ulama. Keistimewaan buku ini adalah, menjabarkan secara luas apa pengertian muslim marhamah, karakteristiknya, cara menjadinya, pendek kata membahas tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi muslim marhamah.
       Atas nama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang kami banyak mengucapkan terima kasih pada para penulis buku ini, dan juga seluruh pihak yang terlibat baik secara langsung dan tidak langsun.
       Semoga buku ini adalah bagian ihtiar PCNU Jombang yang akan terus berkelanjutan dimasa mendatang dengan karya-karya yang konstektual dan dibutuhkan masyarakat serta membawa manfaat bagi warga NU dan masyarakat musli di Indonesia.

Jombang, 05 Maret 2011
Pengurus PCNU Jombang

Dr. KH. Isrofil Amar                                           KH.A. Nashir Fattah   
Ketua                                                                     Rais Syuriah     


Kata Pengantar
       Bismillahirrohmanirrahim Alhamdulillah segala puji hanya untuk Allah yang telah mengutus seorang Rasul akhir zaman sebgai rahmatan lil ‘alamin. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah pada junjungan Nab Muhammad Shalallah ‘alaih wasallam yang telah memberi uswah hasanah pada kita dalam berdzikir, berfikir, berturur dan bertindak. Amma ba’du.
       Tebitnya buku ini berawal dari ide Rais Syuriyah KH. Abdul Nashir Fattah untuk mempertemukan Kyai muda pesantren, akademisi dan aktifis sosial dalam forum halaqah dan diskusi intensif dengan satu tujuan mewujutkan pemikiran Islam yang rahmatan lil ‘alamin atau menjadi muslim yang mempunyai karakter yang marhamah (penuh kasih sayang).
       Setelah melaui beberapa rangkaian tahapan, dimulai dari Halaqah Regional “Menjadi Muslim Marhamah” yang mempertemukan dan melibatkan raam pikiran Nahdliyyin dari kalangan para kiai muda pesantren, akademisi dan aktivis sosial atau LSM, kemudian diskusi grup terfokus (FGD) yang melibatkan 20 peserta terpilih yang mewakili ragam pikiran tersebut selama satu hari satu malam berdiskusi di Claket Pacet, hasil diskusi tersebut kemudian diamanatkan pada tim penyusun hasil halaqah dan FGD ke dalam sebuah buku kepada mas Dimyati, mas Yusuf, mas Rijal dan mbak Alfi yang setiap malam Rabu selalu berkumpul dan berdiskusi.
       Ucapan terima kasih yang mendalam kepada narasumber Halaqah, yaitu H. Imam Azis (Pengurus PBNU), KH. Hasyim Abbas (Syuriah PWNU), KH. Hasan Mutawakkil Alallah (Ketua Tanfidziah PWNU Jawa Timur), Prof. Dr. Kacung Marijan. Juga terima kepada semua anggota tim FGD yaitu: Muslimin Abdillah, Aan Anshori, M. Ma’sum Zain, Teguh Mahameru, Gus Idris Djamaluddin, Ning Ainaul Mardliyah, Ning Yuhanidz Arifin, Ning Nidaus Sa’adah, Gus Abdul Jabbar Chubby, Fathurrahman Karyadi, Ahmad Asy’ari, Sururi Zulfa, Azis Ja’far, Ahmad Faqih, M. Hasyim, Dimyathi, Alfiyah Ashmad, Gus Syamsul Rijal, dan Yusuf Suharto.
       Sebagai kumpulan tulisan dari hasil diskusi dan pemikiran para generasi muda NU, maka buku ini sangat mungkin ditemukan beberapa kelemahan, baik dari aspek methodologis maupun tekhnis penulisannya, sebab ditulis dalam karakter dan style bahasa masing-masing tim penulis meskipun tetap memiliki semangat wacana, kesamaan visi dan ruh yang sama.
       Akhir kata, semoga ikhtiar ini membawa manfaat bagi masyarakat muslim khususnya bagi warga Nahdlatul Ulama. Dan ke depan diharapkan semoga ada lanjutan kerja-kerja intelektual yang lebih produktif dan dinamis sehingga mampu menjadi wacana alternatif yang tampil kritis namun tetap santun dan saling menghargai.

Jombang, 05 Maret 2011-06-13

H.A. Kholiq Hasan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Peringatan Haul KH. Abdul Fattah Hasyim Ke 36 & Ny. Hj. Musyarrofah Bisri Ke 4, Pertemuan Alumni Besuk Pada Hari Kamis, 21 Maret 2013