Selasa, 14 Juni 2011

Fiqh Ziarah ( 11 )


SUARA, SALAM DAN ADZAN YANG TERDENGAR DARI KUBURAN NABI :

Al Imam Al Hafidh Abu Muhammad ‘Abdullah Al Darimi dalam kitabnya, Al Sunan yang dikategorikan sebagai salah satu kitab pokok hadits yang berjumlah enam meriwayatkan : Menceritakan kepadaku Marwan ibnu Muhammad dari Sa’id ibnu ‘Abdul ‘Aziz, ia berkata, “Pada saat terjadinya perang Al Harrah ( penyerbuan pasukan Yazid ke Madinah ), masjid Nabi Saw tidak dikumandangkan adzan dan iqamah selama tiga hari dan Sa’id ibnu Al Musayyib senantiasa berada dalam masjid tersebut. Ia tidak mengetahui waktu shalat kecuali lewat suara lembu atau gajah yang ia dengar keluar dari kuburan Nabi Saw. Sa’id kemudian menyebutkan makna suara yang ia dengar.
Atsar di atas dari Sunan Al Darimi vol I hlm 44 dan dikutip oleh Al Syaikh Muhammad ibu ‘Abdil Wahhab dalam hukum-hukum mengharap kematian ( Ahkaami Tamannii Maut ) dari kumpulan karyanya vol III hlm 47.
Riwayat ini juga dikutip oleh Al Imam Majduddin Al Fairuzabadi penyusun Al Qamus dalam Al Shilaatu wa Al Basyaru hlm 154. Ibrahim ibnu Syaiban mengatakan, “Saya melaksanakan haji lalu saya datang ke Madinah dan menuju kuburan Nabi. Saya menyampaikan salam kepada beliau lalu terdengar  dari dalam kamar jawaban ; ‘Alaika Al Salam.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Peringatan Haul KH. Abdul Fattah Hasyim Ke 36 & Ny. Hj. Musyarrofah Bisri Ke 4, Pertemuan Alumni Besuk Pada Hari Kamis, 21 Maret 2013