Kamis, 09 Juni 2011

Fiqh Tawassul ( 53 )


SIKAP SYAIKH MUHAMMAD IBN ABDIL WAHHAB MENYANGKUT UNGKAPAN-UNGKAPAN YANG DIKATEGORIKAN SYIRIK ATAU SESAT OLEH GOLONGAN WAHABI

Dalam konteks ini Syaikh Muhammad ibn Abdil Wahhab memiliki sikap yang agung dan pandangan yang bijak. Khususnya menyangkut sebagian ungkapan-ungkapan yang sudah populer diucapkan lisan yang dikategorikan oleh mereka yang mengkalim memproteksi dan membela tauhid, sebagai tindakan syirik dan yang mengatakannya dikategorikan musyrik. Pimpinan tauhid dan kepala orang-orang yang mengesakan Allah mengatakan dalam ungkapannya yang tepat dengan kebijakannya yang pintar, yang dengan sikapnya ini dakwahnya menyebar di tengah manusia dan metodenya populer di mata kalangan awam dan elite. Dengarkanlah ucapannya tentang akidahnya yang termuat dalam suratnya kepada Abdullah ibn Suhaim dan dicetak oleh Ahlul Majma’ah :
Jika keterangan ini telah jelas, maka masalah-masalah yang dikecam oleh Ibnu Suhaim sebagian ada yang merupakan kebohongan yang nyata yaitu :
-          ucapan Ibnu Suhaim bahwa saya menganggap sesat semua kitab madzhab empat
-          Bahwa manusia semenjak 600 tahun yang silam tidak menganut agama yang benar.
-          Saya mengklaim mampu berijtihad dan lepas dari taqlid.
-          Perbedaan para ulama adalah bencana
-          dan saya mengkafirkan orang yang melakukan tawassul dengan orang-orang shalih,
-          dan saya mengkafirkan Imam Al-Bushoiri karena ucapannya : Wahai Makhluk paling mulia.
-          Seandainya saya mampu meruntuhkan kubah Rasulullah SAW maka saya akan melakukannya dan jika mampu mengambil talang Ka’bah yang terbuat dari emas maka saya akan menggantinya dengan talang kayu.
-          Saya mengharamkan ziarah ke makam Nabi SAW, mengingkari ziarah ke makam kedua orang tua dan makam orang lain,
-          dan saya mengkafirkan orang yang bersumpah dengan selain Allah.
Atas 12 masalah ini jawaban saya adalah : Maha Suci Engkau, ini ( apa yang dituduhkan Ibnu Suhaim ) adalah kebohongan yang besar, Sebelum apa yang saya alami terjadi, peristiwa mirip pernah dialami Nabi SAW. Beliau dituduh telah memaki Isa ibn Maryam dan orang-orang shalih
 تَشَابَهَتْ قُلُوْبُهُمْ 
Demikian kutipan dari risalah kedua belas dari risalah-risalah Syaikh Muhammad ibn Abdil Wahhab yang termuat dalam kumpulan karya-karya Syaikh bagian kelima halaman 61 yang telah diedarkan oleh universitas Muhammad ibn Sa’ud Al Islamiiyah dalam pekan Syaihk Muhammad ibn Abdil Wahhab. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peringatan Haul KH. Abdul Fattah Hasyim Ke 36 & Ny. Hj. Musyarrofah Bisri Ke 4, Pertemuan Alumni Besuk Pada Hari Kamis, 21 Maret 2013