Jumat, 10 Juni 2011

Fiqh Barokah ( 10 )


NABI SAW MEMBERIKAN SURGA

Dalam sebuah riwayat dari Jabir bahwasanya ia berkata, “Kami bertanya, “Untuk apa kami membai’atmu ?”. “Untuk mendengar dan mematuhi baik dalam kondisi bersemangat dan malas serta untuk mendanai bala tentara dalam keadaan kekurangan biaya dan untuk menyuruh kebaikan dan melarang kemungkaran. Dan bagi kalian surga,” jawab Nabi. 

Al Hafidh Ibnu Hajar berkata, “Dari jalur lain, Ahmad meriwayatkan dari Jabir, ia berkata : 

كَانَ الْعَبَّاسُ آخِذًا بِيَدِ رَسُوْلِ اللهِ فَلَمَّا فَرَغْنَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : اَخَذْتَ وَاُعْطِيْتَ
Abbas memegang tangan Rasulullah kemudian ketika kami selesai beliau berkata, “Engkau telah mengambil dan bakal diberi.”
( Fathul Bari vol. VII hlm. 223 ) HR Ahmad Majma’ul Zawaaid vol. VI hlm. 48.
Maksud dari sabda Nabi adalah : Engkau telah mengambil bai’at dan akan mendapat surga.

Saya katakan bahwa dalam riwayat lain terdapat ungkapan yang lebih jelas dari sabda Nabi tersebut. Jabir berkata : 

 
إِنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لَهُمْ : تُبَايِعُوْنِيْ عَلَى السَّمْعِ وَالطَّاعَةِ إِلَى أَنْ قَالَ : وَلَكُمُ الْجَنَّةُ , قَالَ : فَقَالُوْا : وَاللهِ لاَ نَدَعُ هَذِهِ الْبَيْعَةَ أَبَدًا وَلاَ نَسْلُبُهَا أَبَدًا فَبَايَعْنَاهُ فَأَخَذَ عَلَيْنَا وَشَرَّطَ وَيُعْطِيْنَا عَلَى ذَلِكَ الْجَنَّةَ
 .
Sesungguhnya Nabi berkata kepada mereka ( yang akan berbai’at ), “Kalian membai’atku untuk mendengar, dan patuh, sampai Nabi mengatakan, dan bagi kalian surga.” Jabir berkata, “Mereka menjawab, “Demi Allah, kami tidak akan meninggalkan bai’at ini selamanya dan tidak akan mencabutnya selamanya. Akhirnya kami membai’at Nabi lalu beliau mengambil bai’at, memberi syarat dan memberi surga jika memegang teguh bai’at itu.”

Al Haitsami berkata, “Sebagian hadits ini diriwayatkan oleh para penyusun Al Sunan. Ahmad dan Al Bazzar juga turut meriwatkannya. Status para perawi Ahmad adalah sesuai dengan kriteria perawi hadits shahih. (Majmaa’ul Zawaid vol. VI hlm. 46.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Peringatan Haul KH. Abdul Fattah Hasyim Ke 36 & Ny. Hj. Musyarrofah Bisri Ke 4, Pertemuan Alumni Besuk Pada Hari Kamis, 21 Maret 2013