Minggu, 31 Juli 2011

Lajnah Falakiyah NU Rukyatul Hilal di 90 Titik


PENENTUAN AWAL RAMADHAN 1432 H

Lajnah Falakiyah NU Rukyatul Hilal di 90 Titik

Jakarta, NU Online
Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama akan mengadakan rukyatul hilal atau pengamatan bulan sabit secara langsung untuk penentuan tanggal 1 Ramadhan 1432 H di sedikitnya 90 titik rukyat yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Kami akan terus mengembangkan kegiatan rukyat. Jumlah 90 titik itu kemungkinan akan bertambah, karena Indonesia adalah negara kepulauan. Banyak pulau kecil-kecil seperti di Kepulauan Riau sangat strategis untuk pelaksanaan rukyat,” kata Ketual Lajnah Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A. Ghazalie Masroeri kepada NU Online di Jakarta, Sabtu (30/7).
Rukyatul hilal dilaksanakan pada saat Matahari terbenam pada hari Ahad, tanggal 29 Sya’ban 1432 H, atau 31 Juli 2011. Penentuan tanggal pelaksanaan rukyat ini juga berdasarkan hasil rukyat sebelumnya atau awal Sya’ban.
Menurut Kiai Ghazalie Masroeri, rukyat awal Sya’ban kemarin tidak berhasil melihat hilal sehinggal bulan Rajab digenapkan menjadi 30 hari. Maka tanggal 1 Sya’ban baru dimulai pada Ahad, 3 Juli 2011, sehingga 29 Sya’ban baru jatuh pada Ahad besok, 31 Juli 2011. “Pelaksanaan rukyat juga tetap harus berdasar pada hasil rukyat juga, tidak cukup hanya dengan hisab,” katanya menegaskan.
Ditambahkannya, pelaksanaan rukyat di 90 titik akan dikoordinasikan dari kantor Lajnah Falakiyah PBNU di lantai 4 gedung PBNU, Jl Kramat Raya 164, Jakarta.
“Pelaksanaan rukyat dan pelaporannya akan berada di bawah komando saya bersama tim Lajnah Falakiyah PBNU. Sementara Ketua Pelaksananya Pak Nahari (Sekretaris Umum Lajnah Falakiyah PBNU, red) yang berada di kantor Lajnah Falakiyah,” tambahnya.
Hasil rukyat ini akan dilaporkan dalam sidang itsbat di kantor pusat Kementerian Agama, Jakarta. Kiai Ghazali sendiri akan mewakili NU dalam sidang itsbat tersebut.

Penulis : A. Khoirul Anam


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Peringatan Haul KH. Abdul Fattah Hasyim Ke 36 & Ny. Hj. Musyarrofah Bisri Ke 4, Pertemuan Alumni Besuk Pada Hari Kamis, 21 Maret 2013